oleh

PUPR Gunakan Sistem Baru Kelola Sampah

ABOUT TANGERANG -Tangerang,  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan area penimbunan sampah yang menggunakan sistem sanitary landfill untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing di Kota Tangerang, Banten.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, penggunaan sistem sanitary landfill pada TPA akan membuat kawasan di sekitar tidak tercemar dan bau dari timbunan sampah sehingga lebih ramah lingkungan.
HomeBisnisEkonomi PUPR Gunakan Sistem Baru Kelola Sampah di Tangerang
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan area penimbunan sampah yang menggunakan sistem sanitary landfill untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing di Kota Tangerang, Banten.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, penggunaan sistem sanitary landfill pada TPA akan membuat kawasan di sekitar tidak tercemar dan bau dari timbunan sampah sehingga lebih ramah lingkungan. Dukungan Pemerintah Kabupaten atau Kota juga diperlukan terutama dalam penyediaan lahan,” kata dia dalam sebuah keterangan tertulis, Senin (21/10/2019).
Adapun pembangunan area penimbunan sampah atau blok landfill merupakan bagian dari sistem sanitasi perkotaan seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dan produksi sampah rumah tangga dari masyarakat. Dengan metode sanitary landfill, sampah dibuang dan ditumpuk di lokasi cekung, dipadatkan dan kemudian ditimbun dengan tanah sehingga tidak menimbulkan bau busuk serta dapat mencegah berkembangnya bibit penyakit.
TPA Rawa Kucing telah beroperasi sejak 1992 yang pengelolaannya berada dibawah Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang. TPA ini mampu menampung sampah domestik atau timbulan sampah sebesar 900–1.000 ton per hari dengan estimasi sampah yang dihasilkan dari rumah tangga sebanyak 400 ribu KK.

Facebook Comments Box

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed